//
you're reading...
Nasional

KADES TELUK BAKUNG TIDAK MEMPERHATIKAN WARGANYA

KETUA  RT, 04 / RW,02   YUSTIMUS YUSMIN BERSAMA ANGGOTA KMT
KODIM  1201  /  MEMPAWAH  WIL-SEL  MENUNJUKAN RUMAH WARGA YANG KENA BENCANA  BANJIR

TRANS KALIMANTAN, Bin Kalbar.  Masih teringat di ingatan kita semua, bahwa pada bulan  Mei  2013 kemarin, terjadi  bencana  musibah banjir di tiga Dusun di Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya yang  membuat jalan Raya Trans Kalimantan itu  di genangi Air setinggi  lutut orang Dewasa sepanjang  3 km lebih.

Kini terjadi lagi di Dusun serta di Desa yang sama yaitu di Dusun Lintang Batang, seperti terlihat digambar atas, bahwa air tersebut menggenangi rumah salah satu warga  yang ada di Dusun Lintang Batang tersebut.  Ketua RT,04 / RW, 02  Yustimus Yusmin mengungkapkan, “Banjir yang melanda di Dusun kami sudah tiga hari, bisa kita lihat salah satu dari warga kami rumahnya sudah dimasuki air setinggi lebih dari   Lima belas Centimeter, sampai hari ini   pun belum ada salah satu dari Pejabat Pemerintahan Daerah yang  meninjau langsung keadaan serta rumah  warga kami yang khususnya di Dusun Lintang batang Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya”.

Lanjut beliau, “Warga kami yang ada di Dusun Lintang Batang Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya sebanyak 102 Kepala Keluarga, rumah yang terkena banjir  sudah lebih dari Dua Puluh rumah, banjir ini   memutuskan Rantai perekonomian para warga kami, karena kami disini kebanyakan nya berprofesi menyadap”.

Harapan Ketua Lingkungan Di Dusun Lintang Batang   kepada para pejabat Pemerintahan terutama kepada Kepala Desa   yang Terhormat , “agar tidak membiarkan mereka,  meninjau kelapangan atau ketempat warga kami, bertindak secepatnya, supaya  Warga  yang ada di Dusun Lintang Batang   bisa merasakan   kebersamaan antara Pejabat Desa setempat serta dengan Masyarakatnya” dengan nada kesal. Dari awal datangnya banjir hingga pada hari ini Minggu (8/9) yang sudah berlalu selama empat Hari,  Kepala Desa maupun perwakilan Desa,   tidak memberikan tanggapan serta Solusi apapun  melihat datang nya banjir di Dusun kami ini, unggkap Ketua RT, 04 / RW, 02  Yusmin  kepada Bin  ditempat rumah warga yang kebanjiran itu.

Wartawan BIN  bersama Anggota Komunikasi Mitra Territorial (KMT) Kodim 1201 / Mempawah Wil-Sel meluncur ketempat kediaman  Kades Teluk Bakung hari Minggu, (8/9) namun tidak mendapatkan tanggapan apapun tentang banjir yang melanda warga  di Desanya, hanya saja kata istri  pak Kades terhadap kami, “pak Kades lagi sakit, mau tidur dulu. Pesan pak kades suruh nunggu dulu”, padahal kami barusan mengikuti beliau dari belakang,  jawaban yang tepat singkat  seolah olah kedatangan    Media Bin,  akan menganggu saja.

Kabid Sosial Drs Jurkarnaen dari Dinas Sosial Kabupaten Kubu Raya mengatakan, “sampai hari ini, kita belum mendapatkan berita dari desa maupun Kecamatan setempat, dengan berita adanya Bencana Banjir yang terjadi di Dusun Lintang batang tersebut, kita kalau tau pasti kita akan turun kelapangan melihat saudara saudara kita yang terkena musibah Banjir tersebut”.

Perlu saya sampaikan kata Kabid Sosial Drs Julkarnaen kepada BIN, “Kades setempat pada saat banjir yang melanda di Desa nya bulan Mei 2013 yang lalu, sampai hari ini pun belum ada penyampaian Surat tentang ada nya musiba banjir di Desanya, yang masuk ke Kantor Dinas Sosial kita, bayangkan saja itu sudah berapa lama?”.

“Prosedur supaya bisa mendapatkan bantuan secepat mungkin dari Dinas Sosial khususnya yang ada di Kabupaten Kubu Raya, yaitu, laporan dari Kecamatan, desa setempat sesuai dengan Prosedur yang di sampaikan ke Kantor Dinas Sosial atau dari pihak Kepolisian, Koramil  serta  Ketua Lingkungan dan RT setempat juga bisa memberikan laporan kepada kami di Dinas Sosial Kabupaten Kubu Raya, untuk bisa  di tindak lanjuti di lapangan”. Kata Kabid Sosial  Drs  Julkarnaen.

Salah satu warga yang rumahnya juga kebanjiran, mengharapkan adanya perhatian dari Kepala Desa Teluk Bakung, serta bantuan dari Pemerintahan setempat serta dari Dinas Sosial juga, sebagaimana kita ketahui kami ini kan kerjanya hanya menyadap, “kalau sudah banjir begini kami harus berbuat apa?, ungkap seorang Warga Dusun Lintang Batang Fransiska Rani  kepada Bin di kediaman nya.  ( PRAYETNO JASMO / AGUS AJI MARIANTO, Bin Kalbar )

Discussion

No comments yet.

Leave a comment

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Blog Stats

  • 302,555 hits